Aplikasi Desain Grafis Dengan Inkscape

Tujuan Pembelajaran :

Mengenal aplikasi grafis Inskape

Materi :

Inkscape merupakan perangkat lunak pengolah gambar vektor yang bersifat bebas terbuka dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah membuat perangkat grafikmutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape tersedia untuk sistem operasi Windows, Macintosh, dan Linux. Program dan kode sumber (source code) Inkscape tersedia untuk umum pada situs resmi Inkscape sehingga siapapun dapat mempelajari dan mengembangkannya. Inkscape dapat digunakan untuk membuat berbagai gambar vektor sesuai kebutuhan, misalnya untuk membuat gambar ilustrasi pada web, ikon untuk smartphone, gambar kartun atau animasi, membuat garis sederhana, kaligrafi, logo, brosur,dan masih banyak lagi.

Format gambar yang dibuat menggunakan Inkscape sangat handal dan dapat disebarkan melalui internet dengan mudah karena ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan format yang dibuat menggunakan aplikasi lain sejenis. Dukungan untuk berbagai format telah ditambahkan termasuk untuk berbagai browser dan smartphone masa kini.

Inkscape mendukung gambar dengan bentuk biasa (misal; persegi panjang dan lingkaran),garis, dan teks. Setiap object dapat dimodifikasi dan diberi warna sendiri. Hyperlink dapat ditambahkan sehingga gambar dapat digunakan pada web browser karena program Inkscape tujuan utamanya adalah untuk membuat gambar dengan format XML, SVG, dan kompatibel dengan script CSS.Saat ini Inkscape masih terus dikembangkan, hal ini dapat dilihat dengan adanya penambahan fitur dan antarmuka baru pada setiap rilis versi barunya.

Fungsi dari Inkscape

Fungsi dari Inkscape

Fungsi dari inkscape adalah untuk mengambar atau mendesain secara digital untuk mempermudah pekerjaan seorang desain grafis atau mungkin orang awan yang belum mengetahui inkscape sendiri, menurut saya software atau aplikasi inkscape mudah untuk digunakan untuk siapa saja yang ingin memakai nya.

Gambar 2. Contoh tampilan Inkscape
https://alternativeto.net/software/inkscape/about/

Ada apa saja di dalam software inkscape ??

Terbagi menjadi 9 bidang utama:

  • the Menu (at the top of the window)

Perintah (command) dalam inkscape dikelompokkan dalam menu sebagai contoh menu File, berisi perintah yang berhubungan dengan pengelolaan file yaitu seperti Save, Save As, Open File, Import. Demikian juga dengan menu Edit, seperti halnya pada aplikasi GTK menu edit digunakan untuk melakukan perintah Copy, Cut, Paste dan sebagainya.

  • the Commands Bar

Terletak di bagian atas area kerja secara langsung di bawah Menu Bar. Berisi ikon shortcuts untuk melakukan suatu perintah tertentu. Sebagai contoh perintah Save ataupun Print yang dapat diakses melalui menu File dapat anda akses melalui commands Bar.

  • the Snap Controls

Snap Controls Bar memberikan akses mudah ke objek, memungkinkan Anda untuk cepat merubah objek dan posisi objek ketika diperlukan dan off ketika selesai. Snap to grids artinya objek yang anda buat di canvas akan mengikuti (menyesuaikan) dengan grid yang ada , dan apabila anda pilih snap to guides maka guides dapat anda gunakan untuk mengatur posisi objek anda.

  • the Rulers , Guides and Grids

Rulers (penggaris) ditempatkan di atas dan kiri kanvas. Yang pertama disebut “horisontal” dan yang kedua “vertikal”. Ketika mouse di atas kanvas, dua segitiga muncul dalam rulers untuk menunjukkan koordinat X dan Y, relatif terhadap titik sudut kiri bawah halaman. Koordinat juga ditampilkan Status Bar (di bagian bawah jendela dokumen) di sebelah kanan, dekat Zoom Control.

Catatan: Dalam SVG, koordinat dimulai di bagian kiri bawah dokumen seperti dalam geometri Cartesian.

Ctrl + R adalah cara cepat untuk menyembunyikan atau menampilkan Rulers. Anda juga bisa melakukannya dengan View> Show / Hide> Rulers

  • the Tool Controls Bar (also called just Controls Bar )

Controls Bar terletak langsung di bawah commands Bar Perintah . Dengan cara memilih (klik) salah satu tool pada Tool Box (sebelah kiri vertikal) maka akan tertampil Contol Bar yang sesuai dengan Tool yang dipilih pada tool Box

  • the Toolbox

Toolbox, terdiri dari tombol vertically aligned yang terletak di sebelah kiri jendela, merupakan main editing control pada inkscape. Berisi kumpulan utilitas dasar menggambar, terutama untuk membuat dan mengedit bentuk. Ada kontrol untuk bentuk geometris (free-form shapes ) dan baris, teks, dan mengisi (warna dan gradien).

  • the Canvas

Canvas adalah area kerja utama. Ini adalah bagian paling sentral dan penting dari antarmuka sejak pengguna menciptakan dan menggambar object. Menempati bagian tengah jendela dan dilambangkan sebagai “halaman” kosong dikelilingi oleh ruang terbuka. Secara default, rulers (penggaris) menggunakan satuan ukuran piksel (unit SVG standar) tetapi dapat juga dilakukan pengaturan ( ruler visibility and unit ) di Document Properties (File > Document Properties). Anda dapat merubah satuan ukuran canvas dalam cm, mm, pt, m dan inch.

  • the Color Palette

Color Palette merupakan cara cepat untuk menerapkan warna pada bentuk, ditampilkan di bagian bawah kanvas, dapat dibuka pada sebuah window dengan memilih View> swatches (Shift + Ctrl + W)

  • the Status Bar

Status Bar adalah daerah paling bawah dari antarmuka Inkscape. Status Bar adalah daerah paling bawah dari antarmuka Inkscape. • Color indicator for the object Warna indikator untuk objek • Quick layer selector Cepat lapisan pemilih • Help message area Bantuan pesan area • Mouse Coordinate indicator Koordinat Mouse Indikator • and finally a Zoom Factor in which one can write the exact zoom factor they want to use. dan akhirnya Faktor Zoom di mana orang bisa menulis tepat faktor zoom yang ingin mereka gunakan.

Anda dapat mengatur langsung tampilan interface inkscape melalui File> Inkscape Preferences lalu pilih opsi Interface. Dari sisni anda dapat langsung mengatur ukuran icon untuk Commands Bar Icon, Tool Controls Bar dan Main toolbar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *