Jenis-jenis Ilustrasi

Tujuan Pembelajaran: Mengenal jenis-jenis Ilustrasi

Ilustrasi berasal dari bahasa latin Ilustrate yang berarti menjelaskan. Jadi gambar ilustrasi merupakan unsur tata letak dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu maksud atau pesan. Ilustrasi sebagai hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, fotografi, atau teknik desain lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Sehingga ilustrasi memang dibuat untuk menerangkan atau sebagai penghias dalam desain tata letak.

Contoh gambar Ilustrasi
Sc: www.booooooom.com/blog/art/illustration/
Contoh gambar Ilustrasi
Sc: MediaJob.id

Bicara dengan ilustrasi, selalu berkaitan dengan image yang dipakai pada sebuah desain, sehingga berdasarkan model/image yang digunakan ilustrasi dibedakan menjadi 2:

Ilustrasi Image Bitmap

Yaitu ilustrasi yang dibentuk oleh susunan raster/ pixel/ titik koordinat dalam suatu grid. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Image bitmap memiliki keterbatasan resolusi apabila diperbesar. Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX, dan TIFF.

Ilustrasi Bitmap apabila diperbesar
Contoh Ilustrasi Image Bitmap
Sc: ClipartMax

Ilustrasi Image Vector

Yaitu ilustrasi yang dibentuk oleh serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil, apabila diperbesar kualitasnya akan tetap. Dan sering dipakai membuat logo, ilustrasi, animasi, kartun, clipart, dsb. Contoh format file vector adalah .wmf, cdr, swf, dan .ai.

Ilustrasi Vector apabila diperbesar
Contoh Ilustrasi Image Vector
Sc: http//koolgadgetz.com/vector-art/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *