Adobe Indesign Pada Pengolahan Grafis Di PC

Tujuan Pembelajaran : Diharapkan mampu memahami Adobe Indesign pada pengolahan grafis di PC.

Seperti judulnya, tentu software tersebut difokuskan untuk membuat hasil desain. Software buatan adobe ini juga lebih difokuskan untuk membuat poster, brosur, banner, majalah, dan juga buku. Desainer dan juga para artis merupakan contoh kalangan yang sering menggunakan software editing ini. Jika anda penasaran dengan fiturnya, silahkan mencobanya. Karena memang jarang sekali software ini kita dengar, karena mungkin masih kalah dengan Photoshop, Illustrator, dan juga lainnya.

Adobe InDesign program aplikasi digunakan dalam pembuatan desain layout atau publikasi. Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesain produknya. Sebelum Adobe mengeluarkan Adobe InDesign, Adobe telah mengeluarkan Adobe PageMaker yang berfungsi sebagai desain layout juga. Saat ini, Adobe PageMaker telah dihentikan produksinya dan Adobe telah mengeluarkan versi Adobe InDesign CS3 yang lebih powerfull daripada versi sebelumnya maupun Adobe PageMaker.

Adobe Indesign merupakan perangkat lunak desain grafis yang diregenerasi dari Pagemaker yang memiliki kemampuan untuk membuat atau mengatur layout media cetak, seperti majalah, koran, annual report dan lain-lain.

Penggunaan perangkat lunak ini bersifat adaptif, yaitu para desainer yang baru belajar desain grafis dapat beradaptasi dengan mudah karena terdapat tutorial untuk menggunakannya. Terdapat pula Tools yang mudah digunakan seperti tools untuk membuat gambar menjadi blur sehingga berguna untuk efek artistik yang lain. Memiliki fasilitas untuk membuat tabel dan mampu untuk membuat file pmd, serta mudah untuk meng-convert gambar menjadi format .pdf yang dapat dicetak. Perintah undo atau ctrl + z dapat digunakan lebih dari sekali untuk memperbaiki gambar yang sudah jadi.

Namun, Adobe Indesign juga memiliki beberapa keterbatasan seperti perangkat lunak lainnya. Jika ingin mendesain sebuah layout yang cukup kompleks pada perangkat lunak ini, komputer yang digunakan memerlukan spesifikasi yang khusus. Penggunaan math type yang sulit memproses pemindahan, harus menempatkannya di luar halaman project, lalu copy dan paste di halaman project kembali. Format teks rata kanan dan rata kiri atau biasa disebut justify seringkali jarak antar teks bisa terlalu jauh dan bisa juga terlalu dekat, sehingga membutuhkan usaha untuk menyeimbangkannya.

Sumber : Dewa Ilmu https://dewailmu.id/software-desain-grafis-untuk-pc/

Software Desain Grafis Dan Animasi https://rachfuldi.wordpress.com/2018/04/02/software-desain-  grafis-dan-animasi/

Program Pengolah Grafis http://blog.unnes.ac.id/atikaisma/2016/03/24/program-pengolah-grafis-2/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *