Adobe Illustrator

Tujuan Pembelajaran: Menjabarkan pengertian dan sejarah Adobe Illustrator

https://blog.templatetoaster.com/use-illustrator-photoshop/

Pengertian Adobe Illustrator
Adobe Illustrator merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan software terkemuka Adobe System yang dapat digunakan untuk editor gambar vektor. Bagi pengguna komputer yang banyak berkecimpung dalam dunia desain dan multimedia, keberadaan software yang satu ini tidaklah asing. Fitur dan kemudahan yang ditawarakan oleh Adobe Illustrator sendiri membuat para pengguna menjadi termanjakan untuk terus berkarya.

Adobe Illustrator sendiri pertama kali dirilis sekitar tahun 1986 dan hanya dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS. Namun seiring perkembangannya software desain grafis yang satu ini mampu untuk berjalan pada sistem operasi Windows. Sebagai salah satu software desain grafis yang cukup populer, Adobe Illustrator sudah mengalami banyak pengembangan, versi – versi yang sudah rilis dipasaran mulai dari versi 1 hingga sekarang sudah rilis Adobe Illustrator versi CC yang tentu sudah banyak penambahan fitur – fitur didalamnya.

Adobe Illustrator disebut juga dengan software pendamping dari software Adobe Photoshop, dan biasanya software ini terinstall pada komputer pada saat kita menginstall Adobe Photoshop. Sehingga Adobe Illustrator dapat dengan mudah dikombinasikan dengan Photoshop untuk membuat desain yang cukup keren dan menarik.
Fungsi Adobe Illustrator
Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator adalah sebagai software editing gambar vektor. akan tetapi secara lebih khusus lagi, sobat komputer dapat menggunakan Adobe Illustrator untuk keperluan membuat desain – desain sebagai berikut:

  • Membuat desain logo
  • Desain Aplikasi
  • Desain Gambar
  • Desain Wallpaper
  • Desain Kartun
  • Desain Ikon
  • dll

Adobe Illustrator salah satu produk dari Adobe Inc yang di kembangkan pertama kali tahun 1986 sebagai aplikasi pendaping Adobe Photoshop, karna Photoshop lebih ke Photo Editor jadi untuk grafis berbasis vector di ciptakanlah Adobe Illustrator. Versi 1 (kode : Picasso) rilis awal 1987 kemudian pada tahun 1988 di keluarkan versi 1,7 yang dikenal dengan nama Illustrator88. Tapi pada masa itu Adobe Illustrator hanya dapat digunakan pada Sistem Operasi Machintos.

https://steemit.com/indonesia/@suhaimich/sejarah-singkat-perkembangan-adobe-illustrator

Setahun kemudian tahun 1989 barulah Adobe mengembangkan Illustrator yang dapat di gunakan pada Sistem Operasi Windows dengan merilis illustrator versi 2.0 (Kode : Pinnacle), tentu saja pada saat itu Adobe Illustrator belum mampu menandingi popularitas CorelDraw yang seakan-akan memang sudah satu Paket dengan Windows. Tapi illustrator terus mengembangkan produknya yang dengan merilis versi versi 4 (1992) versi 5.1 (1998) yang compatible dengan windows.

Perubahan Interface

Pada versi 6.0 (1996 untuk Mac Os) dan versi 7.0 (1997 untuk Windows/Mac) Adobe illustrator mulai memperbaiki interface nya sehingga lebih nyaman dengan user dan juga menambah banyak fitur-fitur baru sehingga pada saat itu popularitas Adobe Illustrator di kalangan para designer mulai menyaingi CorelDraw,
Sebelum mengubah citranya atau rebranding menjadi Adobe Creatif Suit (Adobe CS) pada tahun 2003, Adobe terus merilis Illustrator generasi awal nya hingga sampai Illustrator versi 10 tahun 2001.

Rebranding menjadi Creative Suite (CS)

Tahun 2003 Adobe mengeluarkan Adobe Creatif Suit dengan salah satu produknya tentu saja Adobe Illustrator CS. Di versi ini tampilannya makin keren, apalagi dengan tambahan fitur 3D effect membuat Illustrator CS ini makin di sukai oleh para designer. Tetapi pada CS1 dan CS2 Adobe Illustrator belum mempoulerkan Logo Ai seperti yang kita lihat sekarang, baru pada CS3 (2007) barulah logo itu hadir hingga sampai sekarang. Poject Creative Suite ini berlanjut hingga versi CS6 (2012) yang merupakan generasi ke 16, pengembangannya tetap berlanjut hingga sekarang dalam bentuk Adobe Ilustrator Creative Cloud (CC).

https://www.udemy.com/course/adobe-illustrator-comprehensive-training/

Setelah Adobe Creative Suit kini ada Adobe Creative Cloud, apa bedanya?. Creative Cloud merupakan software yang dilisensikan kepada pengguna dalam bentuk sewa bisa dalam perbulan atau tahunan sedangkan untuk Crative Suite adalah lisensi model lama dimana seseorang membeli software dan dimiliki sampai kapan pun tanpa batasan waktu, jadi intinya adalah CC itu sewa sedangkan CS itu beli. Ketikan projek Ceative Cloud (CC) diluncurkan otomatis projek Creative Suit pun di hentikan, Jadi setelah CS6 tidak ada lagi CS7, yang ada hanya Adobe CC dan hingga sekarang sudah ada Adobe CC 2017.

DAFTAR PUSTAKA

Apa Itu Adobe Illustrator? Berikut Pengertian Dan Fungsinya. (2018, November 18). Retrieved from Topicomputers: https://www.utopicomputers.com/apa-itu-adobe-illustrator-berikut-pengertian-dan-fungsinya/

Chahal, V. (2019, November 30). Illustrator vs Photoshop: When and Why to Use Each Program. Retrieved from TemplateToaster: https://blog.templatetoaster.com/use-illustrator-photoshop/

Suhaimich. (2017). Sejarah Singkat perkembangan Adobe Illustrator. Retrieved from steemit: https://steemit.com/indonesia/@suhaimich/sejarah-singkat-perkembangan-adobe-illustrator

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *