Tekstur dan Ruang

Tujuan pembelajaran: Siswa memahami tekstur dan ruang

A. Tekstur

Tekstur merupakan sifat permukaan sebuah benda. Sifat permukaan dapat berkesan halus, kasar, kusam, mengkilap, licin, berpori dsb. Namun pada bidang desain grafis hanya menggunakan tekstur yang bersifat visual, karena terbatas pada bidang dua dimensi. Tekstur sering pakai untuk lebih menguatkan karakter sebuah bidang, dengan menciptakan tekstur tertentu akan lebih menguatkan pesan yang ingin disampaikan sehingga karya desain menjadi lebih artistic. Setiap tekstur membawa karakter tertentu sehingga seorang desainer grafis harus mempertimbangkan dalam pemilihan tekstur supaya sesuai tema. Misalnya, tekstur kayu menimbulkan kesan hangat, tekstur besi/logam bisa menciptakan kesan keras, namun bisa juga untuk tema teknologi, tekstur air untuk kesegaran dll.

Gambar 1. Contoh gambar tekstur

Pada Adobe Illustrator tekstur dapat dibuat dengan terlebih dahulu membuat objek bebas, kemudian klik menu effect, pilih texture yang sesuai. Selain texture juga dapat dipilih efek-efek yang lain sesuai tema yang dibuat.

Gambar 2. Interface Adobe Photoshop effect tekstur

Sedangkan untuk membuat efek tekstur pada CorelDraw dapat menggunakan Texture fill.

Gambar 3. Interface CorelDraw effect teksture

B. Ruang (Space)

Dengan menghayati sebuah karya desain grafis akan timbul ruang-ruang di dalamnya. Dengan adanya benda atau unsur garis pada sebuah bidang akan terlihat adanya runag. Misalnya ruang yang ada di sekeliling benda, ruang yang terbentuk dengan adanya garis di sekelilingnya, adanya bidang dengan warna tertentu, ruang disekitar teks, dll.

Ruang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Ruang alamiah, merupakan ruang yang terdapat di alam yang dibatasi oleh benda-benda alam dan karena pengaruh cahaya seperti pada pemandangan alam.
  2. Ruang yang diciptakan :

a. Ruang interior dan eksterior sebuah bangunan yang dapat memberikan suasana sesuai keinginan, seperti gedung bangunan.

b. Ruang yang timbul karena penempatan berbagai warna, jarak gelap terang dan teks

Gambar 4. Contoh gambar ruang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *